Rabu, 5 Agustus 2020
BERITA

PEMKAB PAKPAK BHARAT SELENGGARAKAN FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) MENUJU KABUPATEN RAMAH HAM

Senin, 30 Juli 2018

Penajaman untuk semakin meningkatkan kualitas penegakan HAM sebagai implementasi dari Kabupaten Peduli HAM sebagaimana yang diinginkan, terus dilakukan Pemkab Pakpak Bharat. Kali ini dengan mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka mewujudkan Kabupaten/Kota Ramah  HAM, yang melibatkan pimpinan OPD beserta jajarannya, para Camat dan Kepala Desa, serta ormas dan tokoh-tokoh masyarakat se-Kabupaten Pakpak Bharat di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, yang acara pembukaannya berlangsung pada Senin (30/07).

Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, yang diwakili Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, mengutarakan bahwa civil society merupakan pilar dari demokrasi yang salah satu poin terpentingnya adalah penegakan HAM. “Hak Azasi Manusia merupakan komponen yang terus dipacu dalam iklim demokrasi dan FGD ini akan membuka cakrawala berfikir untuk penegakan HAM, terkhusus bagi Kabupaten Pakpak Bharat dari segala urusan dan segala aspek, termasuk sampai pada level kecamatan dan desa”, sebutnya.

Beliau berharap agar muncul feedback dari seluruh peserta FGD dalam rangka perbaikan program dan perencanaan terkait HAM. “Semoga akan ada kenaikan kualitas dari semua pihak yang akan berkontribusi sebagai upaya penegakan HAM yang semakin baik ke depannya”, ucap Sekda.

Sementara itu, salah seorang narasumber dalam FGD ini, Mugiyanto dari INFID (International NGO Forum for Indonesia Development) menyampaikan bahwa pelaksanaan FGD ini untuk mendorong penerapan HAM di daerah serta sebagai usaha mengurangi beragam ketimpangan yang ada.

Kepala Bagian Hukum Setda, Romian Sitopu, SH, saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa pelaksanaan acara berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 30 dan 31 Juli 2018. Untuk narasumber serta pemandu FGD, selain dari INFID yang memang sudah bekerja sama dengan Pemkab Pakpak Bharat, juga hadir Dekan Fakultas Hukum Universitas Panca Budi, Medan, Dr. Suryanita. “Nantinya output dari kegiatan ini menghasilkan sebuah naskah akademik yang menjadi masukan utama dalam menghasilkan regulasi tentang HAM di Pakpak Bharat, terutama dalam bentuk Perda”, ujarnya mengakhiri. 

 


BERITA Terbaru
Cari Produk Hukum
Kategori: Tahun: Nomor: Subjek/Tentang: Status Akhir:
Kategori Produk Hukum
Tahun Produk Hukum